Lembaga pendidikan Islam Ala Ahlus Sunnah wal Jama'ah dibawah naungan LP Ma'arif Nahdlatul Ulama'

Jumat, 23 November 2012

Administrasi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013

Bagi Bapak, ibu saudara para pemirsa sekalian. Berikut kami sampaikan beberapa perangkat Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013.
Silahkan klik link yang sudah tersedia berikut ini :

SK Kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2012/2013
Kisi-kisi Ujian Nasional MI, SD Tahun Pelajaran 2012/2013
Kisi-kisi Ujian Nasional MTs, SMP, MA, SMA, SMK Tahun Pelajaran 2012/2013
Kisi-kisi Ujian Madrasah (UAMBN) MI, MTs dan MA Tahun Pelajaran 2012/2013
Prosedur Operasi Standar ( POS ) Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013
POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2012/2013


Berita terkait UN 2013 :

POS Ujian Nasional 2013
Berikut berita yang dikutip dari http://www.jpnn.com/ yang dimuat tanggal 14 Oktober 2012 :

JAKARTA - Pemerintah sedang menggodok skema peningkatan kualitas ujian nasional (unas) SMP dan SMA tahun depan. Meski belum ada ketetapan, kecenderungannya ada pada penambahan jumlah butir soal ujian yang masuk kategori sulit. Ini sebagai konsekuensi jika nantinya nilai minimal kelulusan unas tidak ditingkatkan.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Khairil Anwar Notodiputro saat dihubungi kemarin (13/10) menjelaskan, memang ada dua opsi peningkatan kualitas unas tahun depan 
“Dua opsi ini akan diputuskan setelah kami menyelenggarakan lokakarya tentang ujian nasional dulu,” katanya.
Khairil menjelaskan, hasil lokakarya tersebut bakal menjadi salah satu rujukan untuk menentukan kebijakan strategis terkait penyelenggaraan unas 2013. Termasuk memastikan skema memperbanyak soal ujian yang masuk kategori sulit.
Pada unas 2012 lalu persentase butir soal yang masuk kategori sulit atau sukar hanya 10 persen. Untuk tahun depan, Kemendikbud sedang mematangkan untuk melipatgandakan jumlah soal sulit tadi menjadi 20 persen.
Adapun butir soal kategori sedang akan menyusut, dari 80 persen di tahun ini menjadi 70 persen tahun depan. Sedangkan untuk butir soal kategori mudah tahun depan tetap dipertahankan sebesar 10 persen saja.

POS Ujian Nasional 2013

Kemendikbud berkomitmen, bagaimanapun caranya, kualitas unas, khususnya SMA, tahun depan harus ditingkatkan. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, peningkatan kualitas unas itu harus dilakukan karena unas menjadi salah satu acuan penerimaan calon mahasiswa baru melalui SNM PTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) jalur undangan. 
Sebagaimana diketahui, tahun depan kuota SNM PTN jalur undangan ditingkatkan menjadi  50 persen dari total kursi mahasiswa baru.
Nuh mengatakan, skenario meningkatkan passing grade kelulusan unas juga masih terbuka. Sebagaimana diketahui, pada unas tahun ini passing grade atau rata-rata nilai minimal adalah 5,5. 
Tahun depan, passing grade ini tidak menutup kemungkinan dinaikkan menjadi 6. “Skenario lain selain menaikkan passing grade tadi adalah, derajat kesulitan soal ujian dinaikkan,” kata mantan rektor ITS itu. (wan/ttg)
Demikian sedikit berbagi kabar berita tentang kemungkinan perubahan “POS Ujian Nasional 2013″

Sumber : http://hadisetyo.wordpress.com/2012/11/04/pos-ujian-nasional-2013/

2 komentar:

BERIKAN KOMENTAR ANDA UNTUK KEMAJUAN INSTANSI KAMI, TERIMA KASIH