أهلا وسهلا ومرحبا بحضوركم

Lembaga pendidikan Islam Ala Ahlus Sunnah wal Jama'ah dibawah naungan LP Ma'arif Nahdlatul Ulama'

Selasa, 24 Juli 2012

Kegiatan PERAKAM

Setelah rangkaian Masa Orientasi Siswa Baru (MOSIBA) usai, kini saatnya dilanjutkan dengan Kegiatan PERAKAM yakni Perkemahan Rabu Malam Sabtu.
Acara dimulai pada jam setengah 2, yang diisi dengan Upacara Pembukaan Kegiatan oleh Ka.Ma.Bigus MTs. Manba'ul Huda Grobogan yakni Kakak Abdul Mujib.

Para peserta mengikuti kegiatan upacara pembukaan kegiatan PERAKAM ini dengan penuh hikmad. Acara setelah Upacara adalah Penyampaian materi oleh kakak senior dilanjutkan seluruh rangkaian acara sesuai jadwl yang telah ditentukan.
Pada Rabu malam Kamis, sebagai inti dari acara perkemahan diadakan Api Unggun yang kemudian dilanjutkan pementasan seni oleh masing-masing regu. Nyanyian yel-yel, pentas drama, kekompakan PBB, dsb secara bergantian ditampilkan dalam acara Pensi kali ini.



Tepat jam setengah 10 malam, anak-anak diwajibkan untuk tidur, sebab esok pagi dilanjutkan dengan banyak acara yang membutuhkan tenaga lebih banyak lagi. Tepat jam setengah 5, para peserta kemah bangun tidur, kemudian mengikuti Senam Pagi.


Pasca senam, acara berikutnya yakni Penjelajahan yang secara kronologi adalah sebagai berikut :
1. Para peserta diberangkatkan secara bergantian pada tiap regunya untuk menjelajah daerah sekitar madrasah sesuai rute yang telah ditentukan oleh Panitia.
2. Kegiatan 1 : kegiatan menjinakan BOM. 
Kegiatan yang telah direncanakan ini berlangsung, yang mana telah disiapkan satu alat yang diikat pada tiap sisinya. Para peserta diharuskan mengangkat alat tersebut yang telah diletakan bola pada sisi atasnya dengan ketentuan bola tersebut tidak boleh jatuh dari tempat aslinya.



3.  Kegiatan  ke-2 : Merayap.
Para senior yang telah bersiap di pos 2, telah menyediakan semacam jaring layaknya seorang tentara yang harus dilewati oleh para siswa dengan merayap dari bawah jaring tersebut.,



4.  Kegiatan ke-3 : Jaring Laba-laba.
Di Pos 3, telah dibuat tiruan jaring laba-laba dari tali rafia. Anak-anak harus melewati jaring itu satu persatu untuk bisa melanjutkan ke pos berikutnya.




5.  Kegiatan ke-4 : Keseimbangan Kelereng.
Permainan ini disediakan di pos 4, dimana panitia telah menyiapkan beberapa batang bambu. Bermodal satu kelereng yang harus digiring pada sisi lainya, para peserta yang telah memegang bambu itu harus berusaha mengiringi perjalanan kelereng agar tidak jatuh.







6.  Kegiatan ke-5 : Permainan Egrang.
Peserta bermain keseimbangan, yakni berjalan dengan menggunakan egrang yang telah disediakan satu per satu.



7.  Kegiatan ke-6 : Bakian Dance.
yakni panitia menyediakan sebuah sandal panjang yang bisa dipakai oleh 3 orang sekaligus. Para peserta diminta memakai untuk kemudian berjalan bersama-sama diatas sandal tersebut.



8. Kegiatan ke-7 : Jembatan bambu.
sebatang bambu yang diatasnya terbentang tali harus dilewati peserta dengan meniti dari satu arah menuju arah lainya.




9. Kegiatan ke-8 : Galon terbang.
Yakni peserta dibekali seutas tali rafia yang masing-masing harus menjulurkan tali itu pada galon yang berada ditengah peserta dari segala arah. bila dinilai sudah kuat, maka para peserta harus mengangkat bersama-sama hingga galon pun terangkat.




10. 
Kegiatan ke-9 : Jembatan Goyang.
Peserta meniti jembatan yang diikat dengan tali pada sisi kanan kirinya. salah seorang kakak senior menggoyang-goyangkan jembatan bambu tersebut untuk menguji seberapa kuat keseimbangan dari masing-masing peserta.





11. 
Kegiatan ke- 10 : Jembatan Bambu
Beberapa anggota diberikan bambu yang kuat untuk kemudian membuat jembatan yang harus dilalui oleh teman sekelompok mereka.




12. Upacara Penutup.

Acara ditutup dengan upacara penutupan kegiatan yang dipimpin secara langsung oleh kakak pembina pramu yakni kak supriyadi.
Kamabigus tidak bisa menutup secara langsung sebab saat itu bertepan dengan rapat wali murid baru, yang memang direncakan berakhir bersamaan dengan selesainya rangkaian kegiatan PERAKAM yakni sekitar jam 12 siang.
Selesai acara, para siswa langsung pulang ke rumah masing-masing dengan di dampingi oleh wali murid mereka sendiri-sendiri.
Walau cukup melelahkan, namun rasa semangat terpancar dari wajah para peserta yang pada umumnya belum pernah merasakan asyiknya bermain bersama dalam kegiatan pramuka seperti itu.
Akhirnya, semoga kegiatan ini bisa berkesan kepada para peserta serta dapat mendidik karakter mereka agar menjadi insan yang bisa mempraktikan DASA DHARMA PRAMUKA.
"Satya ku dharmakan, dharma ku bhaktikan"
EMBADA JAYA....
Salam Pramuka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA UNTUK KEMAJUAN INSTANSI KAMI, TERIMA KASIH