Lembaga pendidikan Islam Ala Ahlus Sunnah wal Jama'ah dibawah naungan LP Ma'arif Nahdlatul Ulama'

Selasa, 05 Juni 2012

PELEPASAN SISWA KELAS IX MTs. MANBA'UL HUDA GROBOGAN



Ahad, 03 Juni 2012 merupakan hari istimewa bagi MTs. Manba’ul Huda Grobogan terutama bagi kelas IX Tahun Pelajaran 2011/2012 dimana mereka akan menerima Pengumuman hasil kelulusan Nilai Ujian Nasional serta melakukan acara Wisuda Purna Wiyata dari Instansi ini. Acara yang telah dipersiapkan oleh para panitia beserta anggota masing-masing team ini melakukan gladi bersih sehari sebelumnya dan untuk selanjutnya ketrampilan masing-masing petugas pun dipertontonkan kepada para hadirin. Dimulai sejak pukul 06.00 WIB, dimana para dewan guru melakukan rapat pemantapan kelulusan siswa kemudian dilanjutkan acara sarapan pagi dan pada jam 07.30 WIB acara dibuka dengan pertunjukan oleh team drum band. Adapun pertunjukan ini bisa disaksikan dalam film sebagai berikut :


Setelah pertunjukan Drum band tersebut, acara dilanjutkan oleh team rebana yang memainkan lagu hingga pukul 09.00 WIB. Sebagian lagu pembuka shalawat rebana tersebut adalah sebagai berikut :

Selepas acara shalawat rebana, acara pun dilanjutkan oleh MC yang mulai membuka acara secara resmi. 3 orang MC tersebut membawakan 3 macam bahasa secara bergantian yakni Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Adapun susunan acara pelepasan siswa kelas IX terdiri atas :
            1.         Pembukanaan : Q.S Al-Fatihah

      2.       Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Iksanudin (Siswa kelas IX.B)
      3.       Pembacaan wirid tahlil yang dipimpin oleh K. Abdul Hamid dari Mrico, Lebak
      4.       Laporan pelaksanaan acara sekaligus penyerahan siswa kepada wali murid yang disampaikan oleh  penanggung jawab acara yakni kepala madrasah yaitu H.Abdul Mujib, S.Pd.I

      5.       Penerimaan wali murid atas para siswa yang diwakili oleh Bapak K. Masirin (Wali dari Nur Chania kelas IX.d).

      6.       Perwakilan siswa kelas IX yang disampaikan oleh Ibnu Atha’illah kelas IX. C

      7.       Persembahan lagu Indonesia Raya, Syukur dan Terima kasihku guruku oleh team paduan suara melanjutkan acara Ibnu Atha’illah tersebut.

      8.       Sambutan ketua yayasan diwakilkan kepada Drs. H. Yasin, MA sebab ketua yayasan yakni H.Maryono HI, S.Sos tidak bisa hadir dalam acara ini disebabkan kepentingan keluarga bepergian ke luar kota.

      9.      Setelah sambutan-sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan istirohah yang diisi dengan penyampaian hadiah bagi siswa berprestasi, yakni peraih nilai tertinggi Ujian Nasional yang tahun ini diperoleh siswa sebagai berikut :
            a.       Nilai UN
                   Peringkat I oleh Ibnu Atha’illah kelas IX. C
                   Peringkat II oleh Inayah Wulandari kelas IX. B
                   Peringkat III oleh Nur Aini kelas IX. C
                   Peringkat IV oleh Rif’atus Sa’adah kelas IX. B

            b.      Nilai UAMBN
                  Peringkat I oleh Yuni Fitriyana kelas IX. A
                  Peringkat II oleh Nur Aini kelas IX. C
                  Peringkat III oleh M.Taufiq Ridwan kelas IX. B 
         
            Setelah acara penyerahan kenang-kenangan bagi siswa berprestasi tersebut dilanjutkan dengan 1 lagu rebana.
      10.   Acara ditutup dengan pentas drama yang telah disiapkan oleh team drama MTs. Manba’ul Huda Grobogan. Adapun acara tersebut bisa dilihat dibawah ini :
Pertunjukan Drama MTs. Manba’ul Huda secara lebih lengkap bisa klik link berikut ini :

                 Drama 1
                 Drama 2
                 Drama 3
                 Drama 4
                 Drama 5
                 Drama 6
                 Drama 7
      11.   Setelah acara pentas drama, do’a pun dikumandangkan serta dipimpin oleh ketua komite madrasah yakni K.Rosyidi Ahmad, A.Ma.Pd
      Hingga sekitar pukul 13.15 WIB acara inti pun tiba. Para wali murid berbondong-bondong masuk ke ruang kelas putera-puteri mereka masing-masing. Sedang sambil menunggu acara pembagian pengumuman selesai team rebana kembali mengumandangkan lagu shalawat untuk mengiringi acara mushofahah (Salam-salaman) sebagai permohonan maaf anak-anak kelas IX kepada para pengurus yayasan serta dewan guru.
      Alhamdulillah dengan tanpa hambatan yang berarti, seluruh Acara pun selesai sekitar jam 13.45 WIB dan para siswa langsung pulang ke rumah masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA UNTUK KEMAJUAN INSTANSI KAMI, TERIMA KASIH