Lembaga pendidikan Islam Ala Ahlus Sunnah wal Jama'ah dibawah naungan LP Ma'arif Nahdlatul Ulama'

Rabu, 26 Januari 2011

RPP Bahasa Arab Semester Gasal Kelas VII Tahun Pelajaran 2010/2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/I
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Mendengarkan/Istima’
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan.

Kompetensi Dasar  :
{  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyyah dengan ujaran (kata, frase atau kalimat)   tentang:  التعارف
{  Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : التعارف   yang didalamnya memuat struktur kalimat خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
{  Merespon gagasan yang terdapat dalam wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
            التعارف        
                                                                             
Materi Pokok :
Istima’ tentang التعارف   dengan struktur kalimat dasar yang terdiri dari    خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna

Indikator :              
ü  Mendemonstrasikan  التعارف  sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna  yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  التعارف yang diperdengarkan.
ü  Menjelaskan makna ragam  خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang التعارف  yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  التعارف   dengan struktur kalimat خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna yang diperdengarkan
ü  Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang التعارف yang diperdengarkan

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan  التعارف  yang pernah didengarnya
a Siswa menyimak informasi yang berkaitan dengan  التعارف

b.   Kegiatan inti
a Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks lisan tentang التعارف   yang disampaikan guru melalui kaset, VCD, atau suara guru langsung
a Siswa mendemonstrasikan  التعارف sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan.
a Siswa menjelaskan ragam  خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna  yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna ragam  خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  التعارف   yang diperdengarkan
a Siswa menjelaskan makna ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  التعارف   yang diperdengarkan
a  Siswa menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/ teks lisan tentang التعارف   yang disimaknya dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata, frase, kalimat dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
Ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v  Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya
o   Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya

Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan, tertulis dan peragaan                       

b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang: 
·                  Penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·         Penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengar-kan
makna ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         Makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai التعارف   

      Tes tertulis tentang :        
·                  Penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·         Penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
Makna ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         Makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai التعارف
·         Kandungan materi hiwar/teks lisan mengenai التعارف   dan  خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna  
        Peragaan :    mendemonstrasikan hiwar/teks lisan tentang التعارف   yang disimaknya 

                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/I
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Berbicara/ Kalam
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan.

Kompetensi Dasar  :
{ Melalukan dialog sederhana tentang التعارف
{ Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang :  التعارف

Materi Pokok :
Hiwar tentang التعارف   dengan struktur kalimat dasar yang terdiri (خبر + مبتدأ) dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna.  


Indikator :              
ü   Mengucapkan mufradat baru tentang  التعارف  dengan lafal yang baik dan benar
ü   Mengucapkan materi hiwar tentang  التعارف  dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar
ü   Mendemonstrasikan materi hiwar tentang  التعارف  secara berpasangan
ü   Menggunakan mufradat yang berkaitan dengan  التعارف  dan struktur kalimat dasar yang meliputi    خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna    
ü   Melakukan tanya jawab dengan mufradat yang berkaitan dengan التعارف  dan struktur kalimat dasar yang meliputi: خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna   
ü   Mengungkapkan kandungan/ gagasan dalam teks hiwar dengan bahasa sederhana

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, peragaan/perfornance, penugasan, tanya jawab dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru tentang mengenai mufradat dalam hiwar tentang  التعارف  yang telah diketahuinya
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat tentang   التعارف  yang telah diketahuinya

b.   Kegiatan inti
a Siswa mengucapkan mufradat baru tentang  التعارف  secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengucapkan materi hiwar tentang  التعارف  dengan bimbingan guru
a Siswa mendemonstrasikan materi hiwar tentang التعارف di depan kelas secara berpasangan di depan kelas dengan bimbingan guru
a Siswa melengkapi hiwar tentang  التعارف   dengan mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa menggunakan mufradat-mufradat baru tentang  التعارف  yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat  tentang  التعارف  dengan alat peraga yang disediakan dan struktur kalimat yang diajarkan
a Siswa mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks hiwar sederhana tentang التعارف
a Siswa menyampaikan gagasan-gagasan sederhana  tentang التعارف     dengan bahasa lisan sederhana dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam hiwar tentang  التعارف 
v  penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar tentang  التعارف 
v  gagasan yang terdapat dalam hiwar tentang  التعارف 
o   Siswa mendemonstrasikan hiwar tentang  التعارف 

Alat dan Sumber Belajar:

Ø  Buku paket, perangkat pembelajaran, kamus,  VCD, alat peraga, dsb


Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan, tertulis dan peragaan                       
b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang :
·         pengucapan/pelafalan mufradat dan teks hiwar mengenai التعارف   
·         gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar التعارف   

      Tes tertulis tentang :        
·                  penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar mengenai التعارف   
·         gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar mengenai التعارف

        Peragaan :    mendemonstrasikan hiwar tentang التعارف
                         Mengungkapkan gagasan sederhana dengan bahasa lisan sederhana yang terdapat dalam hiwar tentang التعارف


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/I
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Membaca./ Qira’ah
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan

Kompetensi Dasar  :
{  Melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frasa, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang : التعارف
{  Mengidentifikasi kata, frasa dan kalimat, wacana tertulis sederhana tentang: التعارف
{  Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang  التعارف 
Materi Pokok :
Qira’ah dengan mufradat tentang التعارف  dan  struktur kalimat dasar yang terdiri dari     خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna


Indikator :              
ü  Melafalkan kata, frase dan kalimat tentang  التعارف  dan stuktur kalimat dasar yang meliputi : خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
ü  Melafalkan materi qira’ah tentang  التعارف dengan struktur kalimat dasar    خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna  
ü  Menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang التعارف  yang meliputi خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
ü  Menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan  التعارف   dan struktur kalimat yang meliputi  خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
ü  Menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan   التعارف  dan struktur kalimat dasar yang meliputi  خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
ü  Menjawab pertanyaan/latihan tentang kandungan bahan qira’ah tentang    dengan baik dan benar


Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (Qawa’id wattarjamah,  penugasan, tanya jawab dan lain-lain)
Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai mufradat dalam qira’ah tentang  التعارف  yang telah diketahuinya
a Siswa menyimak informasi mengenai materi qira’ah tentang  التعارف 

b.   Kegiatan inti
a Siswa melafalkan kata, frase dan kalimat tentang  التعارف  dan struktur kalimat dasar yang meliputi   خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa membaca materi qira’ah tentang  التعارف  secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi ketentuan membaca yang benar tentang   التعارف  dan خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna dengan baik dan benar dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang التعارف  yang meliputi   خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat yang terdapat dalam teks tertulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan  التعارف dengan bimbingan guru
a Siswa menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan  التعارف   dan struktur kalimat yang meliputi   خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna dengan bimbingan guru
a Siswa menelaah/mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan  التعارف  dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan   التعارف  dan struktur kalimat dasar yang meliputi  خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna

c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam teks qira’ah tentang  التعارف 
v  struktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah tentang  التعارف 
v  kandungan wacana/gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah tentang  التعارف 


Alat dan Sumber Belajar:

Ø  Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan dan tertulis    
b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang: 
·         pengucapan/pelafalan mufradat, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai التعارف   
·         kefasihan bacaan teks qira’ah mengenai   التعارف     
·         makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  التعارف   
·         stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai التعارف
·         gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  التعارف

      Tes tertulis tentang:         
·         Ketentuan membaca yang tepat
·         Makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  التعارف   
·         Stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  التعارف
·         Gagasan/kandungan materi yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  التعارف



                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                               Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/I
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Menulis/ Kitabah
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang perkenalan

Kompetensi Dasar  :
{  Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang:  التعارف
{  Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:   التعارف


Materi Pokok :
Insya’ muwajjah  dengan mufradat dan struktur kalimat yang telah dipelajari


Indikator :              
ü  Menulis kalimat-kalimat Arab tentang  التعارف  melalui imla’ manqul
ü  Menyusun kata acak menjadi kalimat sempurna
ü  Menggunakan mufradat yang tepat dalam kalimat-kalimat yang disediakan yang berkaitan dengan   التعارف  dan struktur kalimat dasar yang meliputi    خبر + مبتدأ dengan مبتدأ yang meliputi  ضمير مفرد  dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
ü  Menjawab pertanyaan yang disediakan dengan baik dan benar
ü  Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang disediakan
ü  Menyusun paragraf sederhana dengan ungkapan-ungkapan/ kalimat yang disediakan


Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (penugasan dan tanya jawab)


Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang materi yang telah dipelajari
a Siswa menyimak informasi tentang materi insya’
b.   Kegiatan inti
a Siswa menulis kalimat-kalimat Arab yang berkaitan dengan التعارف  melalui imla’ manqul dengan bimbingan guru
a Siswa menyusun kata acak yang tersedia menjadi kalimat sempurna
a Siswa melengkapi kalimat/ teks hiwar tentang  التعارف  dengan mufradat yang benar dengan bimbingan guru
a Siswa menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab dengan bimbingan guru
a Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dalam bentuk tertulis dengan baik dan benar
a Siswa menulis pertanyaan untuk jawaban yang disediakan oleh guru dengan baik dan benar
a Siswa menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata/mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa menyusun paragraf sederhana dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Pengumpulan tugas
o   Evaluasi
o   Motivasi

Alat dan Sumber Belajar:

Ø  Buku paket,  kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb

Penilaian
a.   Bentuk tes :  tertulis         
b.   Materi tes : 
      Tes tertulis tentang :
·         imla’
·         menyusun kata acak
·         penggunaan mufradat yang tepat dalam kalimat/teks hiwar
·         menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab
·         penggunaan struktur kalimat
·         menjawab pertanyaan yang tersedia
·         membuat pertanyaan dari jawaban yang tesedia
·         penyusunan kalimat
·         Penyusunan paragraf


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                               Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/I
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Mendengarkan/ Istima’
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan madrasah.

Kompetensi Dasar  :
{  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyyah dengan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:  المدرسة
{  Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : المدرسة
{  Merespon gagasan yang terdapat dalam wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
             المدرسة            

Materi Pokok :
Istima’ tentang المدرسة  dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi: مبتدأ  خبر    dengan مبتدأ yang meliputi  إشارة مفرد dan خبر yang meliputi    أدوات الجر

 Indikator :             
ü  Mendemonstrasikan  المدرسة  sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan ragamمبتدأ + خبر    dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi  أدوات الجرyang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  المدرسة  yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna ragam مبتدأ + خبر    dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi    أدوات الجر  yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang المدرسة   yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  المدرسة   dengan struktur kalimat dasar مبتدأ + خبر    dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi    أدوات الجر  yang diperdengarkan
ü  Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang المدرسة yang diperdegarkan

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan  المدرسة  yang pernah didengarnya
a Siswa menyimak informasi yang berkaitan dengan  المدرسة

b.   Kegiatan inti
a  Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks lisan tentang المدرسة   yang disampaikan guru melalui kaset, VCD, atau suara guru langsung
a Siswa mendemonstrasikan  المدرسة sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi ragam مبتدأ + خبر     dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi    أدوات الجرyang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
a Siswa menjelaskan ragam   مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi أدوات الجر yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna ragam  مبتدأ + خبر  dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر  yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  المدرسة   yang diperdengarkan
a Siswa menjelaskan makna ragam  مبتدأ + خبر    dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi أدوات الجرyang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  المدرسة   yang diperdengarkan
a  Siswa menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/ teks lisan tentang المدرسة   yang disimaknya dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata, frase, kalimat dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v  Ragam مبتدأ + خبر    dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi  أدوات الجر  dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v  Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya
o   Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya

Alat dan Sumber Belajar:
Ø  Buku paket, kamus,  kaset, VCD, alat peraga, dsb

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan, tertulis dan peragaan                       
b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang: 
·                  penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·         penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengar-kan
·         makna ragam  مبتدأ + خبر  dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi أدوات الجر  dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai  المدرسة   

      Tes tertulis tentang :        
·                  penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·         penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·         makna ragam مبتدأ + خبر  dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi   أدوات الجر  dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai  المدرسة   
·         kandungan materi hiwar/teks lisan mengenai  المدرسة     dan   مبتدأ + خبر  dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi    أدوات الجر      

        Peragaan :    mendemonstrasikan hiwar/teks lisan tentang المدرسة   yang disimaknya 


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/I
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Berbicara/ Kalam
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan madrasah

Kompetensi Dasar  :
{  Melalukan dialog sederhana tentang المدرسة
{  Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : المدرسة

Materi Pokok :
Hiwar tentang المدرسة  dengan struktur kalimat dasar yang meliputi  مبتدأ + خبر  dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفر dan خبر yang meliputi أدوات الجر

Indikator :              
ü  Mengucapkan mufradat baru tentang  المدرسة  dengan lafal yang baik dan benar
ü  Mengucapkan materi hiwar tentang  المدرسة  dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar
ü  Mendemonstrasikan materi hiwar tentang  المدرسة  secara berpasangan
ü  Menggunakan mufradat yang berkaitan dengan  المدرسة  dan struktur kalimat dasar yang meliputi  مبتدأ + خبر   dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر   
ü  Melakukan tanya jawab dengan mufradat yang berkaitan dengan المدرسة  dan struktur kalimat dasar yang meliputi  مبتدأ + خبر   dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر  
ü  Mengungkapkan kandungan/ gagasan dalam teks hiwar dengan bahasa sederhana


Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, peragaan/perfornance, penugasan, tanya jawab dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru tentang mengenai mufradat dalam hiwar tentang  المدرسة  yang telah diketahuinya
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat tentang   المدرسة  yang telah diketahuinya

b.   Kegiatan inti
a Siswa mengucapkan mufradat baru tentang  المدرسة  secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengucapkan materi hiwar tentang  المدرسة  dengan bimbingan guru
a Siswa mendemonstrasikan materi hiwar tentang المدرسة di depan kelas secara berpasangan di depan kelas dengan bimbingan guru
a Siswa melengkapi hiwar tentang  المدرسة   dengan mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa menggunakan mufradat-mufradat baru tentang  المدرسة  yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat  tentang  المدرسة  dengan alat peraga yang disediakan dan struktur kalimat yang diajarkan
a Siswa mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks hiwar sederhana tentang المدرسة
a Siswa menyampaikan gagasan-gagasan sederhana  tentang المدرسة     dengan bahasa lisan sederhana dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam hiwar tentang  المدرسة 
v  penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar tentang  المدرسة 
v  gagasan yang terdapat dalam hiwar tentang  المدرسة 
o   Siswa mendemonstrasikan hiwar tentang  المدرسة 

Alat dan Sumber Belajar:
Ø  Buku paket,  kamus,  kaset, VCD, alat peraga, dsb

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan, tertulis dan peragaan                       
b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang :
·         pengucapan/pelafalan mufradat dan teks hiwar mengenai المدرسة   
·         gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar المدرسة   
      Tes tertulis tentang :        
·                  penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar mengenai المدرسة   
·         gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar mengenai المدرسة

        Peragaan :    mendemonstrasikan hiwar tentang المدرسة
                         Mengungkapkan gagasan sederhana dengan bahasa lisan sederhana yang terdapat dalam hiwar tentang المدرسة


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/I
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Membaca./ Qira’ah
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang  lingkungan madrasah

Kompetensi Dasar  :
{  Melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frasa, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang  المدرسة
{  Mengidentifikasi kata, frasa dan kalimat, wacana tertulis sederhana tentang: المدرسة
{  Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang  المدرسة

Materi Pokok :
Qira’ah dengan mufradat tentang المدرسة  dan  struktur kalimat dasar yang terdiri dari   مبتدأ + خبر    dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi    أدوات الجر 

Indikator :              
ü  Melafalkan kata, frase dan kalimat tentang  المدرسة  dan stuktur kalimat dasar yang meliputi مبتدأ + خبر    dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi    أدوات الجر 
ü  Melafalkan materi qira’ah tentang  المدرسة dengan struktur kalimat dasar  مبتدأ +m  خبر    dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi    أدوات الجر    
ü  Menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang المدرسة  yang meliputi  مبتدأ +  خبر    dengan مبتدأ yang meliputi  إشارة مفرد dan خبر yang meliputi    أدوات الجر    
ü  Menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan  المدرسة   dan struktur kalimat yang meliputi مبتدأ + خبر     dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi    أدوات الجر      
ü  Menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan   المدرسة  dan struktur kalimat dasar yang meliputi    مبتدأ + خبر     dengan مبتدأ yang meliputi  إشارة مفرد dan خبر yang meliputi    أدوات الجر  
ü  Menjawab pertanyaan/latihan tentang kandungan bahan qira’ah tentang    dengan baik dan benar.

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (Qawa’id wattarjamah,  penugasan, tanya jawab dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai mufradat dalam qira’ah tentang  المدرسة  yang telah diketahuinya
a Siswa menyimak informasi mengenai materi qira’ah tentang  المدرسة 

b.   Kegiatan inti
a Siswa melafalkan kata, frase dan kalimat tentang  المدرسة  dan struktur kalimat dasar yang meliputi: مبتدأ + خبر    dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliput   أدوات الجر  secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa membaca materi qira’ah tentang  المدرسة  secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi ketentuan membaca yang benar tentang   المدرسة  dan مبتدأ + خبر   dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi    أدوات الجر          dengan baik dan benar dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang المدرسة  yang meliputi مبتدأ + خبر     dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi    أدوات الجر  dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat yang terdapat dalam teks tertulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan . المدرسة dengan bimbingan guru
a Siswa menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan  المدرسة   dan struktur kalimat yang meliputi مبتدأ + خبر    dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi  أدوات الجرdengan bimbingan guru
a Siswa menelaah/mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan  المدرسة  dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan   المدرسة  dan struktur kalimat dasar yang meliputi  مبتدأ + خبر   dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi    أدوات الجر  
c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam teks qira’ah tentang  المدرسة 
v  struktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah tentang  المدرسة 
v  kandungan wacana/gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah tentang  المدرسة 

Alat dan Sumber Belajar:
Ø  Buku paket, kamus,  kaset, VCD, alat peraga, dsb

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan dan tertulis    
b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang: 
·         pengucapan/pelafalan mufradat, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai المدرسة   
·         kefasihan bacaan teks qira’ah mengenai  المدرسة   
·         makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  المدرسة   
·         stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai المدرسة
·         gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  المدرسة

      Tes tertulis tentang:         
·         ketentuan membaca yang tepat
·         makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai المدرسة   
·         stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  المدرسة
·         gagasan/kandungan materi yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  المدرسة


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/I
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Menulis/ Kitabah
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan madrasah

Kompetensi Dasar  :
{  Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang:  المدرسة
{  Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:   المدرسة       

Materi Pokok :
Insya’ muwajjah  dengan mufradat dan struktur kalimat yang telah dipelajari

Indikator :              
ü  Menulis kalimat-kalimat Arab tentang  المدرسة  melalui imla’ manqul
ü  Menyusun kata acak menjadi kalimat sempurna
ü  Menggunakan mufradat yang tepat dalam kalimat-kalimat yang disediakan yang berkaitan dengan   المدرسة  dan struktur kalimat dasar yang meliputi : مبتدأ + خبر   dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi    أدوات الجر    
ü  Menjawab pertanyaan yang disediakan dengan baik dan benar
ü  Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang disediakan
ü  Menyusun paragraf sederhana dengan ungkapan-ungkapan/ kalimat yang disediakan

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic ( penugasan, tanya jawab dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang materi yang telah dipelajari
a Siswa menyimak informasi tentang materi insya’
b.   Kegiatan inti
a Siswa menulis kalimat-kalimat Arab yang berkaitan dengan المدرسة   melalui imla’ manqul dengan bimbingan guru
a Siswa menyusun kata acak yang tersedia menjadi kalimat sempurna
a Siswa melengkapi kalimat/ teks hiwar tentang  المدرسة  dengan mufradat yang benar dengan bimbingan guru
a Siswa menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab dengan bimbingan guru
a Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dalam bentuk tertulis dengan baik dan benar
a Siswa menulis pertanyaan untuk jawaban yang disediakan oleh guru dengan baik dan benar
a Siswa menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata/mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa menyusun paragraf sederhana dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Pengumpulan tugas
o   Evaluasi
o   Motivasi


Alat dan Sumber Belajar:
Ø  Buku paket, kamus,  kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  tertulis         
b.   Materi tes : 
      Tes tertulis tentang :
·         imla’
·         menyusun kata acak
·         penggunaan mufradat yang tepat dalam kalimat/teks hiwar
·         menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab
·         penggunaan struktur kalimat
·         menjawab pertanyaan yang tersedia
·         membuat pertanyaan dari jawaban yang tesedia
·         penyusunan kalimat
·         Penyusunan paragraf


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA UNTUK KEMAJUAN INSTANSI KAMI, TERIMA KASIH