RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran : 2010-2011
Standar Kompetensi :
Mendengarkan/Istima’
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan.
Kompetensi Dasar :
{ Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyyah dengan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang: التعارف
{ Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : التعارف yang didalamnya memuat struktur kalimat خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
{ Merespon gagasan yang terdapat dalam wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
التعارف
Materi Pokok :
Istima’ tentang التعارف dengan struktur kalimat dasar yang terdiri dari خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
Indikator :
ü Mendemonstrasikan التعارف sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü Menjelaskan ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang التعارف yang diperdengarkan.
ü Menjelaskan makna ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang التعارف yang diperdengarkan
ü Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang التعارف dengan struktur kalimat خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna yang diperdengarkan
ü Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang التعارف yang diperdengarkan
Metode : Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain)
Kegiatan Belajar Mengajar :
a. Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan التعارف yang pernah didengarnya
a Siswa menyimak informasi yang berkaitan dengan التعارف
b. Kegiatan inti
a Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks lisan tentang التعارف yang disampaikan guru melalui kaset, VCD, atau suara guru langsung
a Siswa mendemonstrasikan التعارف sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan.
a Siswa menjelaskan ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang التعارف yang diperdengarkan
a Siswa menjelaskan makna ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang التعارف yang diperdengarkan
a Siswa menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/ teks lisan tentang التعارف yang disimaknya dengan bimbingan guru
c. Kegiatan Akhir
o Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v makna kata, frase, kalimat dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
Ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya
o Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya
Alat dan Sumber Belajar:
· Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.
Penilaian
a. Bentuk tes : Lisan, tertulis dan peragaan
b. Materi tes :
Tes lisan tentang:
· Penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
· Penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengar-kan
makna ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
· Makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai التعارف
Tes tertulis tentang :
· Penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
· Penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
Makna ragam خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
· Makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai التعارف
· Kandungan materi hiwar/teks lisan mengenai التعارف dan خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
Peragaan : mendemonstrasikan hiwar/teks lisan tentang التعارف yang disimaknya
Grobogan, 01 Juli 2010
Mengetahui, Guru Bidang
Kepala Madrasah Studi Bahasa Arab
H. Abdul Mujib, S. Pd. I Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
NIP : - NIP : -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran : 2010-2011
Standar Kompetensi :
Berbicara/ Kalam
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan.
Kompetensi Dasar :
{ Melalukan dialog sederhana tentang التعارف
{ Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : التعارف
Materi Pokok :
Hiwar tentang التعارف dengan struktur kalimat dasar yang terdiri (خبر + مبتدأ) dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna.
Indikator :
ü Mengucapkan mufradat baru tentang التعارف dengan lafal yang baik dan benar
ü Mengucapkan materi hiwar tentang التعارف dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar
ü Mendemonstrasikan materi hiwar tentang التعارف secara berpasangan
ü Menggunakan mufradat yang berkaitan dengan التعارف dan struktur kalimat dasar yang meliputi خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
ü Melakukan tanya jawab dengan mufradat yang berkaitan dengan التعارف dan struktur kalimat dasar yang meliputi: خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
ü Mengungkapkan kandungan/ gagasan dalam teks hiwar dengan bahasa sederhana
Metode : Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, peragaan/perfornance, penugasan, tanya jawab dan lain-lain)
Kegiatan Belajar Mengajar :
a. Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru tentang mengenai mufradat dalam hiwar tentang التعارف yang telah diketahuinya
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat tentang التعارف yang telah diketahuinya
b. Kegiatan inti
a Siswa mengucapkan mufradat baru tentang التعارف secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengucapkan materi hiwar tentang التعارف dengan bimbingan guru
a Siswa mendemonstrasikan materi hiwar tentang التعارف di depan kelas secara berpasangan di depan kelas dengan bimbingan guru
a Siswa melengkapi hiwar tentang التعارف dengan mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa menggunakan mufradat-mufradat baru tentang التعارف yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat tentang التعارف dengan alat peraga yang disediakan dan struktur kalimat yang diajarkan
a Siswa mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks hiwar sederhana tentang التعارف
a Siswa menyampaikan gagasan-gagasan sederhana tentang التعارف dengan bahasa lisan sederhana dengan bimbingan guru
c. Kegiatan Akhir
o Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam hiwar tentang التعارف
v penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar tentang التعارف
v gagasan yang terdapat dalam hiwar tentang التعارف
o Siswa mendemonstrasikan hiwar tentang التعارف
Alat dan Sumber Belajar:
Ø Buku paket, perangkat pembelajaran, kamus, VCD, alat peraga, dsb
Penilaian
a. Bentuk tes : Lisan, tertulis dan peragaan
b. Materi tes :
Tes lisan tentang :
· pengucapan/pelafalan mufradat dan teks hiwar mengenai التعارف
· gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar التعارف
Tes tertulis tentang :
· penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar mengenai التعارف
· gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar mengenai التعارف
Peragaan : mendemonstrasikan hiwar tentang التعارف
Mengungkapkan gagasan sederhana dengan bahasa lisan sederhana yang terdapat dalam hiwar tentang التعارف
Grobogan, 01 Juli 2010
Mengetahui, Guru Bidang
Kepala Madrasah Studi Bahasa Arab
H. Abdul Mujib, S. Pd. I Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
NIP : - NIP : -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran : 2010-2011
Standar Kompetensi :
Membaca./ Qira’ah
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan
Kompetensi Dasar :
{ Melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frasa, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang : التعارف
{ Mengidentifikasi kata, frasa dan kalimat, wacana tertulis sederhana tentang: التعارف
{ Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang التعارف
Materi Pokok :
Qira’ah dengan mufradat tentang التعارف dan struktur kalimat dasar yang terdiri dari خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
Indikator :
ü Melafalkan kata, frase dan kalimat tentang التعارف dan stuktur kalimat dasar yang meliputi : خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
ü Melafalkan materi qira’ah tentang التعارف dengan struktur kalimat dasar خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
ü Menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang التعارف yang meliputi خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
ü Menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan التعارف dan struktur kalimat yang meliputi خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
ü Menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan التعارف dan struktur kalimat dasar yang meliputi خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
ü Menjawab pertanyaan/latihan tentang kandungan bahan qira’ah tentang dengan baik dan benar
Metode : Ikhtiyarat/eclectic (Qawa’id wattarjamah, penugasan, tanya jawab dan lain-lain)
Kegiatan Belajar Mengajar :
a. Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai mufradat dalam qira’ah tentang التعارف yang telah diketahuinya
a Siswa menyimak informasi mengenai materi qira’ah tentang التعارف
b. Kegiatan inti
a Siswa melafalkan kata, frase dan kalimat tentang التعارف dan struktur kalimat dasar yang meliputi خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa membaca materi qira’ah tentang التعارف secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi ketentuan membaca yang benar tentang التعارف dan خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna dengan baik dan benar dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang التعارف yang meliputi خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat yang terdapat dalam teks tertulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan التعارف dengan bimbingan guru
a Siswa menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan التعارف dan struktur kalimat yang meliputi خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna dengan bimbingan guru
a Siswa menelaah/mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan التعارف dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan التعارف dan struktur kalimat dasar yang meliputi خبر + مبتدأ, dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
c. Kegiatan Akhir
o Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam teks qira’ah tentang التعارف
v struktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah tentang التعارف
v kandungan wacana/gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah tentang التعارف
Alat dan Sumber Belajar:
Ø Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb
Penilaian
a. Bentuk tes : Lisan dan tertulis
b. Materi tes :
Tes lisan tentang:
· pengucapan/pelafalan mufradat, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai التعارف
· kefasihan bacaan teks qira’ah mengenai التعارف
· makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai التعارف
· stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai التعارف
· gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai التعارف
Tes tertulis tentang:
· Ketentuan membaca yang tepat
· Makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai التعارف
· Stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai التعارف
· Gagasan/kandungan materi yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai التعارف
Grobogan, 01 Juli 2010
Mengetahui, Guru Bidang
Kepala Madrasah Studi Bahasa Arab
H. Abdul Mujib, S. Pd. I Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
NIP : - NIP : -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran : 2010-2011
Standar Kompetensi :
Menulis/ Kitabah
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang perkenalan
Kompetensi Dasar :
{ Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang: التعارف
{ Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang: التعارف
Materi Pokok :
Insya’ muwajjah dengan mufradat dan struktur kalimat yang telah dipelajari
Indikator :
ü Menulis kalimat-kalimat Arab tentang التعارف melalui imla’ manqul
ü Menyusun kata acak menjadi kalimat sempurna
ü Menggunakan mufradat yang tepat dalam kalimat-kalimat yang disediakan yang berkaitan dengan التعارف dan struktur kalimat dasar yang meliputi خبر + مبتدأ dengan مبتدأ yang meliputi ضمير مفرد dan خبر yang meliputi kata sifat termasuk warna
ü Menjawab pertanyaan yang disediakan dengan baik dan benar
ü Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang disediakan
ü Menyusun paragraf sederhana dengan ungkapan-ungkapan/ kalimat yang disediakan
Metode : Ikhtiyarat/eclectic (penugasan dan tanya jawab)
Kegiatan Belajar Mengajar :
a. Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang materi yang telah dipelajari
a Siswa menyimak informasi tentang materi insya’
b. Kegiatan inti
a Siswa menulis kalimat-kalimat Arab yang berkaitan dengan التعارف melalui imla’ manqul dengan bimbingan guru
a Siswa menyusun kata acak yang tersedia menjadi kalimat sempurna
a Siswa melengkapi kalimat/ teks hiwar tentang التعارف dengan mufradat yang benar dengan bimbingan guru
a Siswa menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab dengan bimbingan guru
a Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dalam bentuk tertulis dengan baik dan benar
a Siswa menulis pertanyaan untuk jawaban yang disediakan oleh guru dengan baik dan benar
a Siswa menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata/mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa menyusun paragraf sederhana dengan bimbingan guru
c. Kegiatan Akhir
o Pengumpulan tugas
o Evaluasi
o Motivasi
Alat dan Sumber Belajar:
Ø Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb
Penilaian
a. Bentuk tes : tertulis
b. Materi tes :
Tes tertulis tentang :
· imla’
· menyusun kata acak
· penggunaan mufradat yang tepat dalam kalimat/teks hiwar
· menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab
· penggunaan struktur kalimat
· menjawab pertanyaan yang tersedia
· membuat pertanyaan dari jawaban yang tesedia
· penyusunan kalimat
· Penyusunan paragraf
Grobogan, 01 Juli 2010
Mengetahui, Guru Bidang
Kepala Madrasah Studi Bahasa Arab
H. Abdul Mujib, S. Pd. I Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
NIP : - NIP : -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran : 2010-2011
Standar Kompetensi :
Mendengarkan/ Istima’
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan madrasah.
Kompetensi Dasar :
{ Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyyah dengan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang: المدرسة
{ Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : المدرسة
{ Merespon gagasan yang terdapat dalam wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
المدرسة
Materi Pokok :
Istima’ tentang المدرسة dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi: مبتدأ خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر
Indikator :
ü Mendemonstrasikan المدرسة sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü Menjelaskan ragamمبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi أدوات الجرyang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang المدرسة yang diperdengarkan
ü Menjelaskan makna ragam مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang المدرسة yang diperdengarkan
ü Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang المدرسة dengan struktur kalimat dasar مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi أدوات الجر yang diperdengarkan
ü Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang المدرسة yang diperdegarkan
Metode : Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain)
Kegiatan Belajar Mengajar :
a. Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan المدرسة yang pernah didengarnya
a Siswa menyimak informasi yang berkaitan dengan المدرسة
b. Kegiatan inti
a Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks lisan tentang المدرسة yang disampaikan guru melalui kaset, VCD, atau suara guru langsung
a Siswa mendemonstrasikan المدرسة sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi ragam مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجرyang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
a Siswa menjelaskan ragam مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi أدوات الجر yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna ragam مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang المدرسة yang diperdengarkan
a Siswa menjelaskan makna ragam مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi أدوات الجرyang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang المدرسة yang diperdengarkan
a Siswa menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/ teks lisan tentang المدرسة yang disimaknya dengan bimbingan guru
c. Kegiatan Akhir
o Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v makna kata, frase, kalimat dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v Ragam مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya
o Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya
Alat dan Sumber Belajar:
Ø Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb
Penilaian
a. Bentuk tes : Lisan, tertulis dan peragaan
b. Materi tes :
Tes lisan tentang:
· penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
· penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengar-kan
· makna ragam مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi أدوات الجر dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
· makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai المدرسة
Tes tertulis tentang :
· penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
· penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
· makna ragam مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
· makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai المدرسة
· kandungan materi hiwar/teks lisan mengenai المدرسة dan مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر
Peragaan : mendemonstrasikan hiwar/teks lisan tentang المدرسة yang disimaknya
Grobogan, 01 Juli 2010
Mengetahui, Guru Bidang
Kepala Madrasah Studi Bahasa Arab
H. Abdul Mujib, S. Pd. I Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
NIP : - NIP : -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran : 2010-2011
Standar Kompetensi :
Berbicara/ Kalam
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan madrasah
Kompetensi Dasar :
{ Melalukan dialog sederhana tentang المدرسة
{ Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : المدرسة
Materi Pokok :
Hiwar tentang المدرسة dengan struktur kalimat dasar yang meliputi مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفر dan خبر yang meliputi أدوات الجر
Indikator :
ü Mengucapkan mufradat baru tentang المدرسة dengan lafal yang baik dan benar
ü Mengucapkan materi hiwar tentang المدرسة dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar
ü Mendemonstrasikan materi hiwar tentang المدرسة secara berpasangan
ü Menggunakan mufradat yang berkaitan dengan المدرسة dan struktur kalimat dasar yang meliputi مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر
ü Melakukan tanya jawab dengan mufradat yang berkaitan dengan المدرسة dan struktur kalimat dasar yang meliputi مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر
ü Mengungkapkan kandungan/ gagasan dalam teks hiwar dengan bahasa sederhana
Metode : Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, peragaan/perfornance, penugasan, tanya jawab dan lain-lain)
Kegiatan Belajar Mengajar :
a. Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru tentang mengenai mufradat dalam hiwar tentang المدرسة yang telah diketahuinya
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat tentang المدرسة yang telah diketahuinya
b. Kegiatan inti
a Siswa mengucapkan mufradat baru tentang المدرسة secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengucapkan materi hiwar tentang المدرسة dengan bimbingan guru
a Siswa mendemonstrasikan materi hiwar tentang المدرسة di depan kelas secara berpasangan di depan kelas dengan bimbingan guru
a Siswa melengkapi hiwar tentang المدرسة dengan mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa menggunakan mufradat-mufradat baru tentang المدرسة yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat tentang المدرسة dengan alat peraga yang disediakan dan struktur kalimat yang diajarkan
a Siswa mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks hiwar sederhana tentang المدرسة
a Siswa menyampaikan gagasan-gagasan sederhana tentang المدرسة dengan bahasa lisan sederhana dengan bimbingan guru
c. Kegiatan Akhir
o Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam hiwar tentang المدرسة
v penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar tentang المدرسة
v gagasan yang terdapat dalam hiwar tentang المدرسة
o Siswa mendemonstrasikan hiwar tentang المدرسة
Alat dan Sumber Belajar:
Ø Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb
Penilaian
a. Bentuk tes : Lisan, tertulis dan peragaan
b. Materi tes :
Tes lisan tentang :
· pengucapan/pelafalan mufradat dan teks hiwar mengenai المدرسة
· gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar المدرسة
Tes tertulis tentang :
· penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar mengenai المدرسة
· gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar mengenai المدرسة
Peragaan : mendemonstrasikan hiwar tentang المدرسة
Mengungkapkan gagasan sederhana dengan bahasa lisan sederhana yang terdapat dalam hiwar tentang المدرسة
Grobogan, 01 Juli 2010
Mengetahui, Guru Bidang
Kepala Madrasah Studi Bahasa Arab
H. Abdul Mujib, S. Pd. I Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
NIP : - NIP : -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran : 2010-2011
Standar Kompetensi :
Membaca./ Qira’ah
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan madrasah
Kompetensi Dasar :
{ Melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frasa, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang المدرسة
{ Mengidentifikasi kata, frasa dan kalimat, wacana tertulis sederhana tentang: المدرسة
{ Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang المدرسة
Materi Pokok :
Qira’ah dengan mufradat tentang المدرسة dan struktur kalimat dasar yang terdiri dari مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر
Indikator :
ü Melafalkan kata, frase dan kalimat tentang المدرسة dan stuktur kalimat dasar yang meliputi مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر
ü Melafalkan materi qira’ah tentang المدرسة dengan struktur kalimat dasar مبتدأ +m خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi أدوات الجر
ü Menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang المدرسة yang meliputi مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر
ü Menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan المدرسة dan struktur kalimat yang meliputi مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi أدوات الجر
ü Menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan المدرسة dan struktur kalimat dasar yang meliputi مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر
ü Menjawab pertanyaan/latihan tentang kandungan bahan qira’ah tentang dengan baik dan benar.
Metode : Ikhtiyarat/eclectic (Qawa’id wattarjamah, penugasan, tanya jawab dan lain-lain)
Kegiatan Belajar Mengajar :
a. Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai mufradat dalam qira’ah tentang المدرسة yang telah diketahuinya
a Siswa menyimak informasi mengenai materi qira’ah tentang المدرسة
b. Kegiatan inti
a Siswa melafalkan kata, frase dan kalimat tentang المدرسة dan struktur kalimat dasar yang meliputi: مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliput أدوات الجر secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa membaca materi qira’ah tentang المدرسة secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi ketentuan membaca yang benar tentang المدرسة dan مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر dengan baik dan benar dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang المدرسة yang meliputi مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi أدوات الجر dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat yang terdapat dalam teks tertulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan . المدرسة dengan bimbingan guru
a Siswa menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan المدرسة dan struktur kalimat yang meliputi مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفردdan خبر yang meliputi أدوات الجرdengan bimbingan guru
a Siswa menelaah/mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan المدرسة dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan المدرسة dan struktur kalimat dasar yang meliputi مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر
c. Kegiatan Akhir
o Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam teks qira’ah tentang المدرسة
v struktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah tentang المدرسة
v kandungan wacana/gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah tentang المدرسة
Alat dan Sumber Belajar:
Ø Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb
Penilaian
a. Bentuk tes : Lisan dan tertulis
b. Materi tes :
Tes lisan tentang:
· pengucapan/pelafalan mufradat, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai المدرسة
· kefasihan bacaan teks qira’ah mengenai المدرسة
· makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai المدرسة
· stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai المدرسة
· gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai المدرسة
Tes tertulis tentang:
· ketentuan membaca yang tepat
· makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai المدرسة
· stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai المدرسة
· gagasan/kandungan materi yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai المدرسة
Grobogan, 01 Juli 2010
Mengetahui, Guru Bidang
Kepala Madrasah Studi Bahasa Arab
H. Abdul Mujib, S. Pd. I Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
NIP : - NIP : -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VII/I
Waktu : 3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran : 2010-2011
Standar Kompetensi :
Menulis/ Kitabah
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan madrasah
Kompetensi Dasar :
{ Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang: المدرسة
{ Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang: المدرسة
Materi Pokok :
Insya’ muwajjah dengan mufradat dan struktur kalimat yang telah dipelajari
Indikator :
ü Menulis kalimat-kalimat Arab tentang المدرسة melalui imla’ manqul
ü Menyusun kata acak menjadi kalimat sempurna
ü Menggunakan mufradat yang tepat dalam kalimat-kalimat yang disediakan yang berkaitan dengan المدرسة dan struktur kalimat dasar yang meliputi : مبتدأ + خبر dengan مبتدأ yang meliputi إشارة مفرد dan خبر yang meliputi أدوات الجر
ü Menjawab pertanyaan yang disediakan dengan baik dan benar
ü Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang disediakan
ü Menyusun paragraf sederhana dengan ungkapan-ungkapan/ kalimat yang disediakan
Metode : Ikhtiyarat/eclectic ( penugasan, tanya jawab dan lain-lain)
Kegiatan Belajar Mengajar :
a. Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang materi yang telah dipelajari
a Siswa menyimak informasi tentang materi insya’
b. Kegiatan inti
a Siswa menulis kalimat-kalimat Arab yang berkaitan dengan المدرسة melalui imla’ manqul dengan bimbingan guru
a Siswa menyusun kata acak yang tersedia menjadi kalimat sempurna
a Siswa melengkapi kalimat/ teks hiwar tentang المدرسة dengan mufradat yang benar dengan bimbingan guru
a Siswa menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab dengan bimbingan guru
a Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dalam bentuk tertulis dengan baik dan benar
a Siswa menulis pertanyaan untuk jawaban yang disediakan oleh guru dengan baik dan benar
a Siswa menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata/mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa menyusun paragraf sederhana dengan bimbingan guru
c. Kegiatan Akhir
o Pengumpulan tugas
o Evaluasi
o Motivasi
Alat dan Sumber Belajar:
Ø Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.
Penilaian
a. Bentuk tes : tertulis
b. Materi tes :
Tes tertulis tentang :
· imla’
· menyusun kata acak
· penggunaan mufradat yang tepat dalam kalimat/teks hiwar
· menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab
· penggunaan struktur kalimat
· menjawab pertanyaan yang tersedia
· membuat pertanyaan dari jawaban yang tesedia
· penyusunan kalimat
· Penyusunan paragraf
Grobogan, 01 Juli 2010
Mengetahui, Guru Bidang
Kepala Madrasah Studi Bahasa Arab
H. Abdul Mujib, S. Pd. I Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
NIP : - NIP : -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar