Lembaga pendidikan Islam Ala Ahlus Sunnah wal Jama'ah dibawah naungan LP Ma'arif Nahdlatul Ulama'

Rabu, 26 Januari 2011

RPP Bahasa Arab Semester Genap Kelas VII Tahun Pelajaran 2010/2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/Genap
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Mendengarkan/ Istima’
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah.

Kompetensi Dasar  :
{  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyyah dengan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:  البيت 
{  Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : البيت
{  Merespon gagasan yang terdapat dalam wacana lisan atau dialog sederhana tentang : البيت

Materi Pokok :
·         Istima’ tentang البيت    dengan struktur kalimat dasar    خبر مقدم + مبتدأ مؤخر  yang diperdengarkan

Indikator :              
ü  Mendemonstrasikan  البيت  sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan ragam خبر مقدم + مبتدأ مؤخر yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  البيت   yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna ragam  خبر مقدم + مبتدأ مؤخر yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang البيت   yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  البيت   dengan struktur kalimat dasar    خبر مقدم + مبتدأ مؤخر yang diperdengarkan
ü  Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang البيت  yang diperdegarkan

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan  البيت  yang pernah didengarnya
a Siswa menyimak informasi yang berkaitan dengan  البيت         

b.   Kegiatan inti
a  Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks lisan tentang البيت           yang disampaikan guru melalui kaset, VCD, atau suara guru langsung
a Siswa mendemonstrasikan  البيت  sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi ragam خبر مقدم + مبتدأ مؤخر yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
a Siswa menjelaskan ragam   خبر مقدم + مبتدأ مؤخر yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna ragam  خبر مقدم + مبتدأ مؤخر yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  البيت  yang diperdengarkan
a Siswa menjelaskan makna ragam  خبر مقدم + مبتدأ مؤخر yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  البيت   yang diperdengarkan
a  Siswa menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/ teks lisan tentang البيت   yang disimaknya dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata, frase, kalimat dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v  Ragam خبر مقدم + مبتدأ مؤخر dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v  Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya
·         Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya

Alat dan Sumber Belajar:
Ø  Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan, tertulis dan peragaan                       
b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang: 
·                  penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·         penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengar-kan
·         makna ragam خبر مقدم + مبتدأ مؤخر dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai  البيت           

      Tes tertulis tentang :        
·                  penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·         penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·         makna ragam خبر مقدم + مبتدأ مؤخر dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai  البيت           
·                  kandungan materi hiwar/teks lisan mengenai  البيت dan    خبر مقدم + مبتدأ مؤخر
        Peragaan :    mendemonstrasikan hiwar/teks lisan tentang البيت  yang disimaknya 


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/Genap
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Berbicara/ Kalam
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah.

Kompetensi Dasar  :
{  Melalukan dialog sederhana tentang: البيت
{  Melalukan dialog sederhana tentang: البيت
{  Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang: البيت
{  Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:  البيت

Materi Pokok :
§  Hiwar tentang البيت    dengan struktur kalimat dasar yang meliputi  خبر مقدم + مبتدأ مؤخر

Indikator :              
ü  Mengucapkan mufradat baru tentang  البيت  dengan lafal yang baik dan benar
ü  Mengucapkan materi hiwar tentang  البيت   dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar
ü  Mendemonstrasikan materi hiwar tentang  البيت   secara berpasangan
ü  Menggunakan mufradat yang berkaitan dengan  البيت   dan struktur kalimat dasar yang meliputi  خبر مقدم + مبتدأ مؤخر
ü  Melakukan tanya jawab dengan mufradat yang berkaitan dengan البيت    dan struktur kalimat dasar yang meliputi  خبر مقدم + مبتدأ مؤخر
ü  Mengungkapkan kandungan/ gagasan dalam teks hiwar dengan bahasa sederhana

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, peragaan/perfornance, penugasan, tanya jawab dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru tentang mengenai mufradat dalam hiwar tentang  البيت   yang telah diketahuinya
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat tentang البيت      yang telah diketahuinya

b.   Kegiatan inti
a Siswa mengucapkan mufradat baru tentang  البيت   secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengucapkan materi hiwar tentang  البيت   dengan bimbingan guru
a Siswa mendemonstrasikan materi hiwar tentang البيت   di depan kelas secara berpasangan di depan kelas dengan bimbingan guru
a Siswa melengkapi hiwar tentang  البيت   dengan mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa menggunakan mufradat-mufradat baru tentang  البيت   yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat  tentang  البيت   dengan alat peraga yang disediakan dan struktur kalimat yang diajarkan
a Siswa mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks hiwar sederhana tentang البيت       
a Siswa menyampaikan gagasan-gagasan sederhana  tentang البيت        dengan bahasa lisan sederhana dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam hiwar tentang  البيت         
v  penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar tentang  البيت         
gagasan
v  yang terdapat dalam hiwar tentang  البيت         
o   Siswa mendemonstrasikan hiwar tentang  البيت         

Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan, tertulis dan peragaan                       
b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang :
·         pengucapan/pelafalan mufradat dan teks hiwar mengenai البيت           
·         gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar البيت           

      Tes tertulis tentang :        
·                  penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar mengenai البيت           
·         gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar mengenai البيت       
        Peragaan :    mendemonstrasikan hiwar tentang  البيت       
                         Mengungkapkan gagasan sederhana dengan bahasa lisan sederhana yang terdapat dalam hiwar tentang  البيت       


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                               Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/Genap
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Membaca./ Qira’ah
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah.

Kompetensi Dasar  :
{  Melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frasa, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang : البيت
{  Mengidentifikasi kata, frasa dan kalimat, wacana tertulis sederhana tentang:  البيت
{  Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
         البيت

Materi Pokok :
Qira’ah dengan mufradat tentang  البيت   dan  struktur kalimat dasar yang terdiri dari   خبر مقدم + مبتدأ مؤخر

Indikator :              
ü  Melafalkan kata, frase dan kalimat tentang  البيت   dan stuktur kalimat dasar yang meliputi خبر مقدم + مبتدأ مؤخر
ü  Melafalkan materi qira’ah tentang  البيت   dengan struktur kalimat dasar  خبر مقدم + مبتدأ مؤخر
ü  Menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang البيت  yang meliputi   خبر مقدم + مبتدأ مؤخر
ü  Menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan  البيت           dan struktur kalimat yang meliputi  خبر مقدم + مبتدأ مؤخر
ü  Menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan   البيت  dan struktur kalimat dasar yang meliputi  خبر مقدم + مبتدأ مؤخر
ü  Menjawab pertanyaan/latihan tentang kandungan bahan qira’ah tentang    dengan baik dan benar

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (Qawa’id wattarjamah,  penugasan, tanya jawab dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai mufradat dalam qira’ah tentang  البيت  yang telah diketahuinya
a Siswa menyimak informasi mengenai materi qira’ah tentang  البيت         

b.   Kegiatan inti
a Siswa melafalkan kata, frase dan kalimat tentang  البيت  dan struktur kalimat dasar yang meliputi خبر مقدم + مبتدأ مؤخر secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa membaca materi qira’ah tentang  البيت  secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi ketentuan membaca yang benar tentang   البيت          dan  خبر مقدم + مبتدأ مؤخر   dengan baik dan benar dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang البيت          yang meliputi خبر مقدم + مبتدأ مؤخر dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat yang terdapat dalam teks tertulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan . البيت   dengan bimbingan guru
a Siswa menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan  البيت           dan struktur kalimat yang meliputi  خبر مقدم + مبتدأ مؤخر dengan bimbingan guru
a Siswa menelaah/mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan   البيت  dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan   البيت  dan struktur kalimat dasar yang meliputi  خبر مقدم + مبتدأ مؤخر

c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam teks qira’ah tentang  البيت  
v   struktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah tentang  البيت   
v   kandungan wacana/gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah tentang  البيت        

Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan dan tertulis    
b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang: 
·         pengucapan/pelafalan mufradat, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai البيت           
·         kefasihan bacaan teks qira’ah mengenai  البيت           
·         makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  البيت            
·         stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai البيت       
·         gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  البيت       

      Tes tertulis tentang:         
·         ketentuan membaca yang tepat
·         makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai البيت           
·         stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  البيت       
·         gagasan/kandungan materi yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai البيت       


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/Genap
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Menulis/ Kitabah
Mengungkapkan gagasan sederhana dalam bentuk teks tertulis

Kompetensi Dasar  :
{  Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang: البيت
{  Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang : البيت
             
Materi Pokok :
Insya’ muwajjah  dengan mufradat dan struktur kalimat yang telah dipelajari

Indikator :              
ü  Menulis kalimat-kalimat Arab tentang  البيت   melalui imla’ manqul
ü  Menyusun kata acak menjadi kalimat sempurna
ü  Menggunakan mufradat yang tepat dalam kalimat-kalimat yang disediakan yang berkaitan dengan   البيت   dan struktur kalimat dasar yang meliputi خبر مقدم + مبتدأ مؤخر
ü  Menjawab pertanyaan yang disediakan dengan baik dan benar
ü  Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang disediakan
ü  Menyusun paragraf sederhana dengan ungkapan-ungkapan/ kalimat yang disediakan

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (penugasan dan tanya jawab)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang materi yang telah dipelajari
a Siswa menyimak informasi tentang materi insya’
b.   Kegiatan inti
a Siswa menulis kalimat-kalimat Arab yang berkaitan dengan البيت          melalui imla’ manqul dengan bimbingan guru
a Siswa menyusun kata acak yang tersedia menjadi kalimat sempurna
a Siswa melengkapi kalimat/ teks hiwar tentang  البيت   dengan mufradat yang benar dengan bimbingan guru
a Siswa menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab dengan bimbingan guru
a Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dalam bentuk tertulis dengan baik dan benar
a Siswa menulis pertanyaan untuk jawaban yang disediakan oleh guru dengan baik dan benar
a Siswa menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata/mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa menyusun paragraf sederhana dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Pengumpulan tugas
o   Evaluasi
o   Motivasi

Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  tertulis         
b.   Materi tes : 
      Tes tertulis tentang :
·         imla’
·         menyusun kata acak
·         penggunaan mufradat yang tepat dalam kalimat/teks hiwar
·         menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab
·         penggunaan struktur kalimat
·         menjawab pertanyaan yang tersedia
·         membuat pertanyaan dari jawaban yang tesedia
·         penyusunan kalimat
·         Penyusunan paragraf


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                               Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/Genap
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Mendengarkan/ Istima’
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan keluarga. 

Kompetensi Dasar  :
{  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyyah dengan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:  الأسرة
{  Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : الأسرة
{  Merespon gagasan yang terdapat dalam wacana lisan atau dialog sederhana tentang : الأسرة

Materi Pokok :
Istima’ tentang الأسرة  dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang terdiri dari  : خبر – نعت

Indikator :              
ü  Mendemonstrasikan  الأسرة  sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan ragam خبر – نعت yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  الأسرة  yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna ragam  خبر – نعت  yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang الأسرة   yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  الأسرة   dengan struktur kalimat dasar    خبر – نعت yang diperdengarkan
ü  Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang الأسرة yang diperdegarkan


Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
·         Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan  الأسرة  yang pernah didengarnya
·         Siswa menyimak informasi yang berkaitan dengan  الأسرة
b.   Kegiatan inti
·                  Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks lisan tentang الأسرة   yang disampaikan guru melalui kaset, VCD, atau suara guru langsung
·        Siswa mendemonstrasikan  الأسرة sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
·        Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru dengan bimbingan guru
·         Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
·         Siswa mengidentifikasi ragam خبر – نعت yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·         Siswa menjelaskan ragam   خبر – نعت   yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya dengan bimbingan guru
·         Siswa mengidentifikasi makna ragam  خبر – نعت yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  الأسرة   yang diperdengarkan
·         Siswa menjelaskan makna ragam  خبر – نعت yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  الأسرة   yang diperdengarkan
·                  Siswa menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/ teks lisan tentang الأسرة   yang disimaknya dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata, frase, kalimat dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v  Ragam خبر – نعت dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v  Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya
o   Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya


Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan, tertulis dan peragaan                       
b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang: 
·                  penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·         penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengar-kan
·         makna ragam خبر – نعت dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai  الأسرة   

      Tes tertulis tentang :        
·                  penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·         penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·         makna ragam خبر – نعت dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai  الأسرة   
·         kandungan materi hiwar/teks lisan mengenai  الأسرة   dan    خبر – نعت

        Peragaan :    mendemonstrasikan hiwar/teks lisan tentang الأسرة   yang disimaknya 


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/Genap
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Berbicara/ Kalam
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan keluarga.

Kompetensi Dasar  :
{  Melalukan dialog sederhana tentang:   الأسرة
{  Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:  الأسرة                  
Materi Pokok : 
Hiwar tentang الأسرة  dengan struktur kalimat dasar yang terdiri dari  خبر – نعت

Indikator :              
ü  Mengucapkan mufradat baru tentang  الأسرة  dengan lafal yang baik dan benar
ü  Mengucapkan materi hiwar tentang  الأسرة  dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar
ü  Mendemonstrasikan materi hiwar tentang  الأسرة  secara berpasangan
ü  Menggunakan mufradat yang berkaitan dengan  الأسرة  dan struktur kalimat dasar yang meliputi     -  خبر – نعت
ü  Melakukan tanya jawab dengan mufradat yang berkaitan dengan الأسرة  dan struktur kalimat dasar yang meliputi  خبر – نعت
ü  Mengungkapkan kandungan/ gagasan dalam teks hiwar dengan bahasa sederhana

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, peragaan/perfornance, penugasan, tanya jawab dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru tentang mengenai mufradat dalam hiwar tentang  الأسرة  yang telah diketahuinya
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat tentang   الأسرة  yang telah diketahuinya
b.   Kegiatan inti
a Siswa mengucapkan mufradat baru tentang  الأسرة  secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengucapkan materi hiwar tentang  الأسرة  dengan bimbingan guru
a Siswa mendemonstrasikan materi hiwar tentang الأسرة di depan kelas secara berpasangan di depan kelas dengan bimbingan guru
a Siswa melengkapi hiwar tentang  الأسرة   dengan mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa menggunakan mufradat-mufradat baru tentang  الأسرة  yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat  tentang  الأسرة  dengan alat peraga yang disediakan dan struktur kalimat yang diajarkan
a Siswa mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks hiwar sederhana tentang الأسرة
a Siswa menyampaikan gagasan-gagasan sederhana  tentang الأسرة     dengan bahasa lisan sederhana dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam hiwar tentang  الأسرة 
v  penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar tentang  الأسرة 
v  gagasan yang terdapat dalam hiwar tentang  الأسرة 
o   Siswa mendemonstrasikan hiwar tentang  الأسرة 

Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, perangkat pembelajaran, linguaphone, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan, tertulis dan peragaan                       
b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang :
·         pengucapan/pelafalan mufradat dan teks hiwar mengenai الأسرة   
·         gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar الأسرة   

      Tes tertulis tentang :        
·                  penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar mengenai الأسرة   
·         gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar mengenai الأسرة

        Peragaan :    mendemonstrasikan hiwar tentang الأسرة
                         Mengungkapkan gagasan sederhana dengan bahasa lisan sederhana yang terdapat dalam hiwar tentang الأسرة



                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/Genap
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Membaca./ Qira’ah
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan keluarga.

Kompetensi Dasar  :
{  Melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frasa, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang  الأسرة dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  خبر – نعت
{  Mengidentifikasi kata, frasa dan kalimat, wacana tertulis sederhana tentang:  الأسرة
{  Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang: : الأسرة

Materi Pokok :
Qira’ah dengan mufradat tentang الأسرة  dan  struktur kalimat dasar yang terdiri dariخبر  نعت

Indikator :              
ü  Melafalkan kata, frase dan kalimat tentang  الأسرة  dan stuktur kalimat dasar yang meliputi خبر – نعت
ü  Melafalkan materi qira’ah tentang  الأسرة dengan struktur kalimat dasar  خبر – نعت
ü   Menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang الأسرة  yang meliputi   خبر – نعت
ü  Menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan  الأسرة   dan struktur kalimat yang meliputi  خبر – نعت
ü  Menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan   الأسرة  dan struktur kalimat dasar yang meliputi  خبر – نعت
ü  Menjawab pertanyaan/latihan tentang kandungan bahan qira’ah tentang    dengan baik dan benar

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (Qawa’id wattarjamah,  penugasan, tanya jawab dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai mufradat dalam qira’ah tentang  الأسرة  yang telah diketahuinya
a Siswa menyimak informasi mengenai materi qira’ah tentang  الأسرة 
b.   Kegiatan inti
a Siswa melafalkan kata, frase dan kalimat tentang  الأسرة  dan struktur kalimat dasar yang meliputi خبر – نعت secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa membaca materi qira’ah tentang  الأسرة  secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi ketentuan membaca yang benar tentang   الأسرة  dan خبر – نعت  dengan baik dan benar dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang الأسرة  yang meliputi خبر – نعت dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat yang terdapat dalam teks tertulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan . الأسرة. . dengan bimbingan guru
a Siswa menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan  الأسرة   dan struktur kalimat yang meliputi  خبر – نعت dengan bimbingan guru
a Siswa menelaah/mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan  الأسرة  dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan   الأسرة  dan struktur kalimat dasar yang meliputi  خبر – نعت
c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam teks qira’ah tentang  الأسرة 
v  struktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah tentang  الأسرة 
v  kandungan wacana/gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah tentang  الأسرة 

Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan dan tertulis    
b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang: 
·         pengucapan/pelafalan mufradat, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai الأسرة   
·         kefasihan bacaan teks qira’ah mengenai  الأسرة   
·         makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  الأسرة   
·         stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai الأسرة
·         gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  الأسرة
      Tes tertulis tentang:         
·         ketentuan membaca yang tepat
·         makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai الأسرة   
·         stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  الأسرة
·         gagasan/kandungan materi yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  الأسرة


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                               Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/Genap
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Menulis/ Kitabah
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan keluarga.

Kompetensi Dasar  :
{  Mentransfer gagasan sederhana dalam bentuk teks tertulis yang berkaitan dengan: الأسرة dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  خبر – نعت
{  Merespon gagasan sederhana dalam bentuk teks tertulis yang berkaitan dengan :  الأسرة dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  خبر – نعت
{  Menyampaikan gagasan seder-hana dalam bentuk teks tulis sederhana berupa insya’ muwajjah yang berkaitan dengan :  الأسرة dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  خبر – نعت

Materi Pokok :
Insya’ muwajjah  dengan mufradat dan struktur kalimat yang telah dipelajari

Indikator :              
ü  Menulis kalimat-kalimat Arab tentang  الأسرة  melalui imla’ manqul
ü  Menyusun kata acak menjadi kalimat sempurna
ü  Menggunakan mufradat yang tepat dalam kalimat-kalimat yang disediakan yang berkaitan dengan   الأسرة  dan struktur kalimat dasar yang meliputi  خبر, نعت
ü  Menjawab pertanyaan yang disediakan dengan baik dan benar
ü  Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang disediakan
ü  Menyusun paragraf sederhana dengan ungkapan-ungkapan/ kalimat yang disediakan

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (penugasan dan tanya jawab)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
·         Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang materi yang telah dipelajari
·         Siswa menyimak informasi tentang materi insya’

b.   Kegiatan inti
·        Siswa menulis kalimat-kalimat Arab yang berkaitan dengan الأسرة  melalui imla’ manqul dengan bimbingan guru
·        Siswa menyusun kata acak yang tersedia menjadi kalimat sempurna
·        Siswa melengkapi kalimat/ teks hiwar tentang  الأسرة  dengan mufradat yang benar dengan bimbingan guru
·        Siswa menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab dengan bimbingan guru
·        Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dalam bentuk tertulis dengan baik dan benar
·        Siswa menulis pertanyaan untuk jawaban yang disediakan oleh guru dengan baik dan benar
·        Siswa menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata/mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
·        Siswa menyusun paragraf sederhana dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Pengumpulan tugas
o   Evaluasi
o   Motivasi

Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  tertulis         
b.   Materi tes : 
      Tes tertulis tentang :
·         imla’
·         menyusun kata acak
·         penggunaan mufradat yang tepat dalam kalimat/teks hiwar
·         menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab
·         penggunaan struktur kalimat
·         menjawab pertanyaan yang tersedia
·         membuat pertanyaan dari jawaban yang tesedia
·         penyusunan kalimat
·         Penyusunan paragraf


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/Genap
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Mendengarkan/ Istima’
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang alamat tempat tinggal. 

Kompetensi Dasar  :
{ Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyyah dengan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:  العنوان  
{ Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : العنوان    
{ Merespon gagasan yang terdapat dalam wacana lisan atau dialog sederhana tentang العنوان


Materi Pokok :
Istima’ tentang العنوان dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang terdiri – فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم) - 00

Indikator :              
ü  Mendemonstrasikan  العنوان sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan ragam فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100  yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  العنوان  yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna ragam فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100   yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang العنوان  yang diperdengarkan
ü  Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  العنوان dengan struktur kalimat dasar فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100   yang diperdengarkan
ü  Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang العنوان yang diperdegarkan

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain)
Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
·         Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan  العنوان yang pernah didengarnya
·         Siswa menyimak informasi yang berkaitan dengan  العنوان            

b.   Kegiatan inti
·                  Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks lisan tentang العنوان              yang disampaikan guru melalui kaset, VCD, atau suara guru langsung
·        Siswa mendemonstrasikan  العنوان sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
·        Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru dengan bimbingan guru
·         Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
·         Siswa mengidentifikasi ragam فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100   yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·         Siswa menjelaskan ragam   فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100   yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya dengan bimbingan guru
·         Siswa mengidentifikasi makna ragam  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100   yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  العنوان  yang diperdengarkan
·         Siswa menjelaskan makna ragam  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100   yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  العنوان  yang diperdengarkan
·                  Siswa menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/ teks lisan tentang العنوان  yang disimaknya dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata, frase, kalimat dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v  Ragam فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100   dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v  Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya
o   Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya

Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan, tertulis dan peragaan                       
b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang: 
·                  penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·         penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengar-kan
·         makna ragam فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100   dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai  العنوان              

      Tes tertulis tentang :        
·                  penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·         penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·         makna ragam فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100   dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai  العنوان              
·                  kandungan materi hiwar/teks lisan mengenai  العنوان dan    فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 


        Peragaan :    mendemonstrasikan hiwar/teks lisan tentang العنوان yang disimaknya 


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         
                       






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/Genap
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Berbicara/ Kalam
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang alamat tempat tinggal. 


Kompetensi Dasar  :
{  Melafalkan materi hiwar dengan baik dan benar yang meliputi العنوان            dengan struktur kalimat dasar yang meliputi:  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 
{  Mendemon-strasikan hiwar sederhana dengan lafal dan intonasi yang benar mengenai : العنوان     dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 
{  Mengungkap-kan gagasan yang terdapat dalam teks hiwar/teks lisan dengan sederhana mengenai : العنوان       dengan struktur kalimat dasar yang meliputi:  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 

Materi Pokok :
Hiwar tentang العنوان dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang terdiri dari فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100   

Indikator :              
ü  Mengucapkan mufradat baru tentang  العنوان dengan lafal yang baik dan benar
ü  Mengucapkan materi hiwar tentang  العنوان  dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar
ü  Mendemonstrasikan materi hiwar tentang  العنوان secara berpasangan
ü  Menggunakan mufradat yang berkaitan dengan  العنوان dan struktur kalimat dasar yang meliputi  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 
ü  Melakukan tanya jawab dengan mufradat yang berkaitan dengan العنوان             dan struktur kalimat dasar yang meliputi  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 
ü  Mengungkapkan kandungan/ gagasan dalam teks hiwar dengan bahasa sederhana

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, peragaan/perfornance, penugasan, tanya jawab dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru tentang mengenai mufradat dalam hiwar tentang  العنوان yang telah diketahuinya
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat tentang العنوان   yang telah diketahuinya

b.   Kegiatan inti
a Siswa mengucapkan mufradat baru tentang  العنوان secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengucapkan materi hiwar tentang  العنوان dengan bimbingan guru
a Siswa mendemonstrasikan materi hiwar tentang العنوان di depan kelas secara berpasangan di depan kelas dengan bimbingan guru
a Siswa melengkapi hiwar tentang  العنوان dengan mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa menggunakan mufradat-mufradat baru tentang  العنوان  yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa melakukan tanya jawab dengan mufradat  tentang  العنوان  dengan alat peraga yang disediakan dan struktur kalimat yang diajarkan
a Siswa mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks hiwar sederhana tentang العنوان          
a Siswa menyampaikan gagasan-gagasan sederhana  tentang العنوان     dengan bahasa lisan sederhana dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v   makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam hiwar tentang  العنوان            
v  penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar tentang  العنوان            
v  gagasan yang terdapat dalam hiwar tentang  العنوان             
o   Siswa mendemonstrasikan hiwar tentang  العنوان            

Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan, tertulis dan peragaan                       

b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang :
·         pengucapan/pelafalan mufradat dan teks hiwar mengenai العنوان              
·         gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar العنوان              
      Tes tertulis tentang :        
·                  penggunaan mufradat dan struktur kalimat dalam hiwar mengenai العنوان              
·         gagasan sederhana yang terdapat dalam teks hiwar mengenai العنوان          

        Peragaan :    mendemonstrasikan hiwar tentang  العنوان          
                         Mengungkapkan gagasan sederhana dengan bahasa lisan sederhana yang terdapat dalam hiwar tentang  العنوان          

                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                               Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/Genap
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Membaca./ Qira’ah
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang alamat tempat tinggal.

Kompetensi Dasar  :
{  Membaca nyaring bermakna kata, frase dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan : العنوان dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 
{  Merespon makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan : العنوان dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 
{  Merespon gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan : العنوان dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 

Materi Pokok :
Qira’ah dengan mufradat tentang  العنوان dan  struktur kalimat dasar yang terdiri dari   فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 

Indikator :              
ü  Melafalkan kata, frase dan kalimat tentang  العنوان dan stuktur kalimat dasar yang meliputi فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 
ü  Melafalkan materi qira’ah tentang  العنوان dengan struktur kalimat dasar  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 
ü  Menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang العنوان  yang meliputi   فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 
ü  Menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan  العنوان              dan struktur kalimat yang meliputi  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 
ü  Menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan   العنوان  dan struktur kalimat dasar yang meliputi  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100  
ü  Menjawab pertanyaan/latihan tentang kandungan bahan qira’ah tentang    dengan baik dan benar

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (Qawa’id wattarjamah,  penugasan, tanya jawab dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
a Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai mufradat dalam qira’ah tentang  العنوان  yang telah diketahuinya
a Siswa menyimak informasi mengenai materi qira’ah tentang  العنوان             

b.   Kegiatan inti
a Siswa melafalkan kata, frase dan kalimat tentang  العنوان dan struktur kalimat dasar yang meliputi فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100   secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa membaca materi qira’ah tentang  العنوان secara berulang-ulang dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi ketentuan membaca yang benar tentang   العنوان             dan  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100     dengan baik dan benar dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan ketentuan membaca yang benar tentang العنوان             yang meliputi فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100   dengan bimbingan guru
a Siswa mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat yang terdapat dalam teks tertulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan . العنوان dengan bimbingan guru
a Siswa menjawab pertanyaan/latihan tentang makna kata,frase dan kalimat yang terdapat dalam teks tulis/qira’ah sederhana yang berkaitan dengan  العنوان              dan struktur kalimat yang meliputi  أدوات الجر dengan bimbingan guru
a Siswa menelaah/mengidentifikasi gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan   العنوان dengan bimbingan guru
a Siswa menjelaskan gagasan yang terdapat dalam teks tulis sederhana yang berkaitan dengan   العنوان  dan struktur kalimat dasar yang meliputi  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 

c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata/mufradat, frase dan kalimat dalam teks qira’ah tentang  العنوان     
v  struktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah tentang  العنوان   
v  kandungan wacana/gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah tentang  العنوان            

Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan dan tertulis    
b.   Materi tes : 
      Tes lisan tentang: 
·         pengucapan/pelafalan mufradat, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai العنوان              
·         kefasihan bacaan teks qira’ah mengenai  العنوان              
·         makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  العنوان               
·         stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai العنوان          
·         gagasan yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  العنوان          

      Tes tertulis tentang:         
·         ketentuan membaca yang tepat
·         makna kata, frase dan kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai العنوان              
·         stuktur kalimat yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai  العنوان          
·         gagasan/kandungan materi yang terdapat dalam teks qira’ah mengenai العنوان          


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA GROBOGAN


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/Genap
Waktu                      :  3 JP x 40 Menit
Tahun Pelajaran     : 2010-2011

Standar Kompetensi :          
Menulis/ Kitabah
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang alamat tempat tinggal.

Kompetensi Dasar  :
{  Mentransfer gagasan sederhana dalam bentuk teks tertulis yang berkaitan dengan: العنوان  dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 
{   Merespon gagasan sederhana dalam bentuk teks tertulis yang berkaitan dengan :  العنوان  dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 
{  Menyampaikan gagasan seder-hana dalam bentuk teks tulis sederhana berupa insya’ muwajjah yang berkaitan dengan :  العنوان dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 

Materi Pokok :
Insya’ muwajjah  dengan mufradat dan struktur kalimat yang telah dipelajari

Indikator :              
·         Menulis kalimat-kalimat Arab tentang  العنوان melalui imla’ manqul
·         Menyusun kata acak menjadi kalimat sempurna
·         Menggunakan mufradat yang tepat dalam kalimat-kalimat yang disediakan yang berkaitan dengan   العنوان  dan struktur kalimat dasar yang meliputi فعل مضارع للمفرد – عدد (رقم)1 - 100 
·         Menjawab pertanyaan yang disediakan dengan baik dan benar
·         Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang disediakan
·         Menyusun paragraf sederhana dengan ungkapan-ungkapan/ kalimat yang disediakan

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (penugasan dan tanya jawab)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang materi yang telah dipelajari
Siswa menyimak informasi tentang materi insya’
b.   Kegiatan inti
a Siswa menulis kalimat-kalimat Arab yang berkaitan dengan العنوان  melalui imla’ manqul dengan bimbingan guru
a Siswa menyusun kata acak yang tersedia menjadi kalimat sempurna
a Siswa melengkapi kalimat/ teks hiwar tentang  العنوان dengan mufradat yang benar dengan bimbingan guru
a Siswa menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab dengan bimbingan guru
a Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dalam bentuk tertulis dengan baik dan benar
a Siswa menulis pertanyaan untuk jawaban yang disediakan oleh guru dengan baik dan benar
a Siswa menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata/mufradat yang disediakan dengan bimbingan guru
a Siswa menyusun paragraf sederhana dengan bimbingan guru

c.   Kegiatan Akhir
o   Pengumpulan tugas
o   Evaluasi
o   Motivasi

Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, perangkat pembelajaran, linguaphone, kamus, kaset, VCD, alat peraga, dsb.

Penilaian
a.   Bentuk tes :  tertulis         
b.   Materi tes : 
      Tes tertulis tentang :
·         imla’
·         menyusun kata acak
·         penggunaan mufradat yang tepat dalam kalimat/teks hiwar
·         menterjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab
·         penggunaan struktur kalimat
·         menjawab pertanyaan yang tersedia
·         membuat pertanyaan dari jawaban yang tesedia
·         penyusunan kalimat
·         Penyusunan paragraf


                                                                                                            Grobogan, 01 Juli 2010
      Mengetahui,                                                                                 Guru Bidang
      Kepala Madrasah                                                                          Studi Bahasa Arab



      H. Abdul Mujib, S. Pd. I                                                                           Rifaudin Ahmad, S.Pd.I
      NIP : -                                                                                            NIP : -                         

 
BERIKAN KOMENTAR ANDA UNTUK KEMAJUAN INSTANSI KAMI, TERIMA KASIH